Syarat & Ketentuan

Terimakasih Anda telah mengakses situs atau mengunduh, menggunakan layanan, produk dan/atau aplikasi (“Aplikasi”) Rutong.id. Syarat dan Ketentuan Layanan Rutong.id dibuat antara Pengguna Layanan dan kami, PT Access Digital Frontier selaku Penyelenggara Layanan dengan nama produk aplikasi Rutong.id. Dengan melanjutkan mengakses, mengunduh atau menggunakan Aplikasi Rutong.id, Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda telah membaca dengan teliti, memahami, menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan ini yang akan berlaku sebagai perjanjian antara Anda dengan Kami sebagai penyedia layanan. Syarat dan Ketentuan ini juga berlaku setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan Layanan Rutong.id melalui mitra penyedia platform lain yang menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kami dan menggunakan Aplikasi Rutong.id sebagai salah satu metode pembayaran

Syarat Dan Ketentuan ini mencakup beberapa hal antara lain :

A. Pendaftaran

  1. Pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikat dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  2. Layanan aplikasi Rutong.id tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna, kecuali ditentukan kemudian.
  3. Pendaftaran layanan aplikasi Rutong.id menggunakan smartphone dengan nomor handphone dan alamat email yang aktif.
  4. Pengguna dapat melakukan pendaftaran dengan mengunduh aplikasi mobile Rutong.id yang tersedia di Google Play Store dan App Store.
  5. Persyaratan pendaftaran Pengguna adalah minimum usia 17 (tujuh belas) tahun dan terbatas pada syarat lainnya.
  6. Pengguna wajib melakukan pengisian informasi data pribadi termasuk namun tidak terbatas pada hal berikut :
    a. Nomor handphone
    Nomor handphone yang aktif dan digunakan saat ini.
    b. Nama lengkap Pengguna.
    Nama sesuai KTP atau identitas yang berlaku
    c. Alamat email
    Alamat email digunakan untuk kebutuhan penggantian Password dan PIN Transaksi.
  7. Rutong.id berhak menolak pendaftaran Pengguna apabila mengetahui ketidaksesuaian data dan informasi yang diterima khususnya pada Pengguna.
  8. Apabila telah berhasil terdaftar sebagai Pengguna pada layanan aplikasi Rutong.id, tetapi dikemudian hari ditemukan bahwa adanya penggunaan identitas yang tidak sah (valid) dan/atau tidak sesuai kepemilikannya, maka Rutong.id tidak bertanggungjawab atas segala kerugian yang akan terjadi.
  9. Kode Personal Identification Number (PIN) Keamanan adalah nomor identifikasi yang bersifat rahasia. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan Kode PIN Keamanan serta tidak memberitahukan kepada pihak lain dan termasuk Karyawan dari layanan aplikasi Rutong.id dalam keadaan dan cara apapun. Segala bentuk akibat yang timbul dikarenakan kelalaian, penggunaan atau penyalahgunaan Kode PIN Keamanan oleh orang yang tidak berhak atau orang lain tanpa izin dari Pengguna yang bersangkutan, maka kerugian yang terjadi merupakan beban dan tanggung jawab sepenuhnya dari Pengguna.
  10. Pengguna akan diminta persetujuan penggunaan informasi data pribadi untuk tujuan transaksi dan aktivitas dalam layanan dan/atau sesuai ketentuan dan kebijakan Rutong.id lainnya dari waktu ke waktu.
  11. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Rutong.id, termasuk kegiatan perambanan (crawling / scraping); aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
  12. Pengguna menjamin bahwa identitas serta data dan informasi yang diberikan kepada layanan aplikasi Rutong.id adalah benar dan akurat, Pengguna menjamin untuk melakukan pembaharuan data dan informasi apabila terjadi perubahan.

B. Akun

  1. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun, kode PIN keamanan untuk semua aktivitas yang terjadi dalam layanan aplikasi Rutong.id.
  2. Satu nomor handphone yang telah terdaftar dan terverifikasi hanya bisa digunakan untuk satu akun saldo.
  3. Rutong.id TIDAK AKAN meminta username, Kode PIN Keamanan dan kode One Time Password (OTP) milik Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Rutong.id menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Rutong.id atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
  4. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Rutong.id jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  5. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Rutong.id tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada Pihak Lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh Pihak Lain, memberikan atau memperlihatkan Kode PIN Keamanan atau email kepada pihak lain, dan kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.

C. Layanan dan Fitur

  1. Adapun layanan dan fitur yang diberikan kepada Pengguna dari aplikasi layanan Rutong.id adalah sebagai berikut:

    Fitur

    Layanan

    Pembayaran Online

    • Pulsa Prabayar
    • Paket Data
    • Token Listrik
    • Listrik Pasca
    • BPJS Kesehatan
    • TV Kabel
    • Telkom
    • PBB
    • Voucher Game
    • Donasi
    • Multifinance

    Belanja Online

    • Mart Access
    • Jasa Design
    • Jasa Website
    • Jasa Medsos

    Music

    • Music
    • Studio Rekaman 

    Keuangan

    • Tabungan
    • Modal Kerja

    Pemerintahan

    • Pengaduan
    • Pajak
    • Peijinan
    • Surat Online
    • Laporan Keuangan
    • Data Kependudukan
    • Profil Kelembagaan
    • Lokasi Penting

    Kesehatan

    • Pantau Corona
    • Rumah Sehat

  2. Untuk memaksimalkan pelayanan, maka Rutong.id dapat mengirimkan informasi dalam bentuk notifikasi pada aplikasi, email, SMS atau WhatsApp (jika ada) kepada Pengguna.

D. Transaksi

  1. Saldo Akun merupakan layanan pembayaran yang disediakan Rutong.id untuk memudahkan Pengguna dalam bertransaksi online.
  2. Sebelum melakukan transaksi, Pengguna wajib mengisi dan/atau memiliki Saldo terlebih dahulu pada deposit yang terdapat pada aplikasi.
  3. Batas saldo maksimum akun biasa pada layanan aplikasi Rutong.id adalah sebesar Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah).
  4. Batas nilai transaksi Pengguna pada aplikasi layanan Rutong.id dalam 1 (satu) bulan yang bersifat incoming adalah sebesar Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah).
  5. Setiap melakukan transaksi pada layanan aplikasi Rutong.id, Pengguna memasukkan Kode PIN Keamanan yang bersifat rahasia untuk melanjutkan proses transaksi berikutnya.
  6. Apabila terdapat transaksi dari Rutong.id yang dibatalkan, maka dana akan dikembalikan ke saldo akun Pengguna dalam waktu maksimal 3 (tiga) hari kerja, kecuali transaksi tersebut sudah berhasil sebelum dibatalkan.
  7. Pengguna layanan aplikasi Rutong.id wajib membayar biaya yang timbul atas transaksi yang terjadi termasuk dan tidak terbatas pada biaya administrasi, biaya transfer dan biaya lainnya yang dikenakan atas layanan Rutong.id.
  8. Proses transfer dana dapat dilakukan antar sesama Pengguna layanan aplikasi Rutong.id, namun tidak dapat dilakukan proses transfer ke selain Pengguna aplikasi.
  9. Proses transfer dapat dilakukan dengan memasukan nomor handphone Pengguna lainnya atau dengan melakukan Scan QR Barcode yang tersedia pada menu Akun pengguna.
  10. QR Barcode yang terdapat pada menu Akun berisi nomor handphone Pengguna.
  11. Riwayat transaksi merupakan daftar laporan yang terjadi pada layanan aplikasi Rutong.id setiap transaksi yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu.

E. Harga Produk

  1. Harga produk yang terdapat pada layanan aplikasi ditetapkan oleh Rutong.id dan Pihak Ketiga.
  2. Perubahan dan/atau update harga dapat terjadi berdasarkan kebijakan Rutong.id dan Pihak Ketiga. Pengguna disarankan untuk mencermati harga yang ditampilkan pada tahap transaksi melalui layanan aplikasi Rutong.id.
  3. Pengguna menyatakan setuju menerima harga dengan memasukkan kode keamanan. Dalam hal Pengguna tidak memperhatikan perubahan dan/atau update harga sebagaimana dijelaskan sebelumnya, maka Pengguna bertanggungjawab penuh dan tidak akan menuntut ganti rugi kepada Rutong.id

F. Keuntungan Pengguna

  1. Pengguna menerima keuntungan berupa harga produk yang lebih kompetitif dari Rutong.id dengan Partners.
  2. Memiliki fitur yang lengkap dan terus berkembang, sehingga dapat memenuhi kebutuhan layanan yang diperlukan Masyarakat dalam satu aplikasi.
  3. Transaksi yang dilakukan Pengguna aman karena aplikasi layanan Rutong.id menerapkan keamanan sistem informasi.
  4. Rutong.id menerapkan kebijakan dan prosedur manajemen risiko pada setiap layanannya, sehingga menjamin keamanan transaksi pada setiap layanan Rutong.id.

G. Penonaktifan Akun Pengguna

  1. Penonaktifan Pengguna dapat dilakukan jika memenuhi kriteria berikut ini :

a. Pengguna dapat mengajukan permohonan untuk menonaktifkan layanan kepada Rutong.id melalui Customer Service dengan mengirimkan email.

b. Rutong.id dapat melakukan penonaktifan atas permintaan Management dan/atau Lembaga Pemerintah yang disebabkan adanya indikasi penyalahgunaan oleh Pengguna dalam kaitannya dengan pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dan/atau hukum perundang-undangan yang berlaku di Negara Indonesia.

c. Untuk kepentingan Pengguna, Rutong.id dapat melakukan penonaktifan akun Pengguna apabila terdapat kesalahan Kode PIN Keamanan sebanyak 5 (lima) kali setiap melakukan transaksi.

d. Layanan permintaan penonaktifan dan pengaktifan akun hanya diberikan kepada Pengguna Rutong.id setelah melalui proses verifikasi data oleh Management Rutong.id.

e. Permintaan Pengguna untuk melakukan perubahan password dikirimkan melalui email yang terdaftar pada aplikasi dan apabila tidak menerima email dari Rutong.id terkait perubahan password, Pengguna wajib menghubungi Customer Service Rutong.id setelah dilakukan verifikasi oleh Rutong.id.

f. Pengguna dengan ini menyatakan bertanggungjawab sepenuhnya dan membebaskan Rutong.id dari segala tuntutan dalam bentuk apapun dari Pihak Ketiga manapun termasuk suami / istri / ahli waris Pengguna sehubungan dengan proses penonaktifan dan/atau pengakhiran layanan aplikasi Rutong.id.

H. Force Majeure

  1. Rutong.id akan dibebaskan dari segala tuntutan apapun dari Pengguna dalam hal tidak dapat melaksanakan perintah dari Pengguna baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab diluar kekuasaan atau kemampuan (force majeure) termasuk namun tidak terbatas seperti pada gangguan virus komputer atau komponen membahayakan yang dapat menggangu layanan aplikasi Rutong.idweb browser atau sistem komputer Rutong.id, Pengguna, atau Internet Service Provider yang menyebabkan kegagalan sistem Rutong.id.
  2. Dalam hal Pengguna gagal melakukan transaksi akibat error systemforce majeure dan lainnya diluar kendali Rutong.id namun saldo telah berkurang, maka Rutong.id akan melakukan pengembalian uang (refund) dengan jumlah yang sama ke saldo Pengguna dalam waktu maksimal 1 x 24 jam di hari kerja dari jam transaksi yang dilakukan.

I.  Hak Intelektual

  1. Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa isi, materi, dan komponen lainnya (termasuk namun tidak terbatas pada logo, grafis, ikon dan lainnya) yang tersedia pada aplikasi adalah milik Rutong.id dan dilindungi oleh hak cipta, merek dagang, service mark, hak milik, serta undang-undang yang berlaku.
  2. ngguna menyetujui untuk tidak menjual, melisensikan, menyewakan, memodifikasi, mendistribusikan, menyalin, memperbanyak, mengirimkan, mempublikasikan tampilan, memperlihatkan kepada publik, menerbitkan, mengadaptasi, mengedit, atau membuat karya turunan dari isi atau materi yang terdapat pada layanan aplikasi Rutong.id, kecuali melalui izin dan/atau perjanjian tertulis dengan Rutong.id.

J. Kebutuhan Informasi dan Penanganan Keluhan

  1. Dalam hal terdapat pertanyaan, kebutuhan informasi dan/atau keluhan / pengaduan sehubungan dengan penggunaan layanan aplikasi Rutong.id, maka Pengguna dapat menghubungi Rutong.id melalui:
    a. Customer Service Rutong.id melalui nomor 0812-4814-6807/ 0811-1983-893
    b. Whatsapp melalui nomor 0812-9909-2029/0811-1983-893.
    c. Email Rutong.id melalui info.rutong@gmail.com
  2. Rutong.id akan melakukan pemeriksaan / investigasi atas pengaduan Pengguna serta memberikan jawaban sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku setelah menginformasikan keluhan / pengaduan secara lengkap.
  3. Rutong.id akan melakukan verifikasi data Pengguna dengan berpedoman pada data yang tersimpan pada sistem Rutong.id.
  4. Rutong.id berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan dan/atau keluhan / pengaduan yang diajukan Pengguna dalam hal data Pengguna yang diverifikasi tidak sesuai dengan data Pengguna yang tersimpan pada sistem Rutong.id.

K. Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Perselisihan

  1. Syarat dan Ketentuan ini dibuat dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia.
  2. Segala perselisihan yang timbul berkenaan dengan Pengguna dan/atau layanan aplikasi Rutong.id akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat. Dalam hal tidak tercapai kata mufakat, maka Pengguna Rutong.id setuju untuk menyelesaikan permasalahannya melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

L. Perubahan

Perubahan dan pembaharuan dikomunikasikan oleh Rutong.id melalui email. Pengguna diharapkan untuk melakukan pemeriksaan aplikasi Rutong.id sehubungan dengan email pemberitahuan adalah media persetujuan Pengguna. Apabila Pengguna tidak menyetujui Pengguna dapat menyampaikan pembatalan aplikasi.